3 Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Baterai Ponsel Anda Bocor, Segera Hindari!

Sabtu, 18 Juni 2022 – 14:50 WIB
3 Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Baterai Ponsel Anda Bocor, Segera Hindari! - JPNN.com Sumut
Ilustrasi bermain ponsel. Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com - Memiliki ponsel yang tahan lama menjadi harapan setiap orang karena akan membaut penggunanya leluasa beraktivitas tanpa harus khawatir ponsel kehabisan daya.

Namun, selain kapasitas daya yang berbeda setiap ponsel, beberapa kebiasaan penggunanya terkadang menjadi penyebab baterai ponsel bocor. Akibatnya, baterai cepat habis (drop) meski sudah diisi ulang sampai penuh.

Samsung Electronics Indonesia, dalam siaran pers, Sabtu, menjelaskan ada empat kebiasaan buruk yang menyebabkan baterai ponsel bocor.

1. Kesalahan saat mengecas

Satu kebiasaan buruk yang jelas bisa merusak baterai adalah menggunakan ponsel saat sedang diisi daya. Aktivitas ini bisa membuat perangkat panas, jika dilakukan terus menerus bisa menyebabkan baterai rusak.

Ketika ponsel sedang dicas, sebaiknya gunakan ponsel jika memang mendesak saja. Jika tidak sabar menunggu ponsel yang dicas, pilih ponsel yang memiliki teknologi pengisian daya cepat (fast charging).

Samsung juga melihat mengisi daya sampai 100 persen adalah kurang tepat, tidak baik bagi usia baterai. Ia menyarankan mengisi daya ketika baterai ponsel berada di angka 30 persen dan berhenti di kisaran 80 sampai 85 persen.

Beberapa ponsel dilengkapi dengan fitur proteksi, yaitu membatasi pengisian daya hanya sampai 85 persen. Pada ponsel Samsung, kunjungi Battery and Device Care di setelan, kemudian pilih "more battery settings".

Nyalakan fitur "protect battery" untuk membatasi pengecasan sampai 85 persen.

Daya baterai ponsel menjadi hal terpenting saat beraktivitas di luar rumah maupun saat bekerja. Untuk menjaga baterai tetap tahan lama, hindari 3 hal ini
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News