Pemko Medan Anggarkan Rp 400 Miliar untuk Revitalisasi Lapangan Merdeka

Rabu, 15 Juni 2022 – 12:37 WIB
Pemko Medan Anggarkan Rp 400 Miliar untuk Revitalisasi Lapangan Merdeka  - JPNN.com Sumut
Kondisi Lapangan Merdeka Medan yang dalam waktu dekat akan direvitalisasi Pemko Medan. Foto: Muhlis/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota Medan memperkirakan biaya revitalisasi Lapangan Merdeka yang merupakan cagar budaya itu membutuhkan dana Rp 400 miliar.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan Endar Sutan Lubis mengatakan pengerjaan fisik Lapangan Merdeka Medan akan dimulai awal Juli 2022.

"Jadi, kami rencanakan 4 Juli itu sudah dilakukan pengerjaan fisiknya," kata Endar Sutan Lubis, Selasa.

Dia menjelaskan penataan lapangan dengan luas 4,88 hektare yang menyimpan nilai sejarah itu terus dipersiapkan. Saat ini rencana pembangunan lapangan yang berada di inti Kota Medan itu sudah memasuki tahap lelang.

Namun, karena pembangunannya menelan biaya besar, lanjut Endar, maka pengerjaan akan dilakukan secara bertahap.

Untuk tahap awal, kata dia, anggrannya yakni Rp 97,5 miliar bersumber dari APBD Kota Medan dan Rp 100 miliar dari Pemprov Sumatera Utara.

"Sesuai jadwal tahapan lelang, pada 22 Juni sudah diketahui pemenangnya. Apabila tidak ada kendala, maka di 27 Juni sudah dilakukan penandatanganan kontrak," ungkapnya.

Wali Kota Medan Bobby Nasution tahun lalu mengatakan pihaknya ingin mempertahankan kelestarian pohon-pohon trambesi yang sudah ada sejak zaman Belanda.(antara/jpnn)

Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan terus dikebut oleh Pemko Medan. pengerjaan perbaikan lapangan cagar budaya itu akan menghabiskan dana Rp 400 miliar

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News