Seluruh Tenant di Merdeka Walk Bakal Dipindahkan ke Taman Lili Suheri

Jumat, 03 Juni 2022 – 12:33 WIB
Seluruh Tenant di Merdeka Walk Bakal Dipindahkan ke Taman Lili Suheri - JPNN.com Sumut
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat bertemu dengan para tenant di Merdeka Walk, Kamis (2/6). Foto: Dinas Kominfo Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota Medan memutuskan untuk merelokasi 12 tenant yang ada di Merdeka Walk Medan ke Taman Lili Suheri yang berlokasi di Jalan Listirik/Palang Merah Medan.

Relokasi ini seiring dengan proses revitalisasi Lapangan Merdeka Medan yang akan dilakukan Pemko Medan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut Taman Lili Suheri itu merupakan salah satu taman yang berada di bawah naungan Pemko Medan. Taman itu diperkirakan seluas 4.000 meter.

"Rekan-rekan pengelola tenant untuk sementara waktu bisa memanfaatkannya. Meski banyak masukan lokasi, tetapi kami (Pemko Medan) hanya bisa memberikan lokasi yang memang menjadi wewenang atau otoritas kami," ujar Bobby Nasution saat rapat bersama PT Orange Indonesia Mandiri (OIM) selaku Managemen Merdeka Walk, Kamis (2/6).

Sebagai kompensasi, kata Bobby, Pemko Medan memberikan sejumlah keringanan kepada para tenant. Mulai dari, memberikan potongan pajak hingga 50 persen dan membebaskan pembayaran sewa lokasi hingga dua tahun lamanya.

"Mengingat nantinya kawasan Lapangan Merdeka akan segera direvitalisasi sehingga untuk sementara waktu seluruh tenant akan direlokasi. Potongan pembayaran pajak dan membebaskan biaya sewa tempat jadi bentuk kompensasi kami," kata Bobby Nasution.

Menantu Presiden Joko Widodo itu mengaku tidak ada niatan pemerintah untuk menghambat apalagi memutus roda perekonomian di seluruh tenant yang ada di Merdeka Walk. Namun, mengembalikan fungsi Lapangan Merdeka menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) juga sangat penting untuk dilakukan.

"Yang kami inginkan adalah kemajuan Kota Medan. Terlebih, bisa dilihat bahwa hari ini kondisi Lapangan Merdeka jauh dari fungsinya sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Jadi, pembangunan kota harus tetap dilakukan secara berkelanjutan. Untuk itu, kami mohon dukungan dari rekan-rekan semuanya," ujarnya.

Relokasi ini seiring dengan proses revitalisasi Lapangan Merdeka Medan yang akan dilakukan.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News