Arus Mudik Lebaran, 2.607 Pemudik Tiba di Pelabuhan Belawan

Sabtu, 30 April 2022 – 04:00 WIB
Arus Mudik Lebaran, 2.607 Pemudik Tiba di Pelabuhan Belawan  - JPNN.com Sumut
KM Kelud milik PT Pelni ketika bersandar di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Medan. Foto: ANTARA/HO

sumut.jpnn.com, MEDAN - Sebanyak 2.607 pemudik tiba di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat.

Ribuan pemudik asal Sumatera Utara itu diangkut Kapal Motor (KM) Kelud dari Batam, Kepulauan Riau, pada H-3 IdulFitri 1443 Hijriah.

"Total penumpang yang dibawa ada 2.607 orang dari kapasitas 2.607 seat (kursi) tersedia," kata Kepala PT Pelni (Persero) Cabang Medan Agus Nugroho di Medan, Sumut, Jumat.

Dengan demikian, lanjut dia, berarti semua tiket KM Kelud ludes terjual pada H-3 Lebaran yang diprediksi merupakan puncak arus mudik.

Kapal yang memiliki tinggi 32 meter dan panjang 22 meter ini selanjutnya berangkat dari dermaga Pelabuhan Bandar Deli Belawan menuju Pelabuhan Sekupang Batam membawa 801 penumpang.

Operasional KM Kelud lazimnya melayani rute pelayaran dari Pelabuhan Belawan-Tanjung Balai Karimun-Batam-Tanjung Priok pergi pulang.

"Hari ini merupakan puncak mudik, dan Minggu nanti. Jumlah penumpang pun kita prediksi tiga kali lipat dari normal biasanya 800 orang, seperti hari ini ada 2.607 penumpang," terang Agus.

Dewi Susanti (35), pemudik dari Batam mengaku bersyukur karena pemerintah membolehkan mudik ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah bersama keluarga.

Ribuan pemudik asal Sumatera Utara (Sumut) yang diangkut KM Kelud dai Batam, Kepulauan Riau, tiba di Pelabuhan Belawan, Kota Medan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia