PKS Mengusung Anies Baswedan Sebagai Bakal Calon Presiden, Ini Alasannya

Kamis, 23 Februari 2023 – 16:05 WIB
PKS Mengusung Anies Baswedan Sebagai Bakal Calon Presiden, Ini Alasannya - JPNN.com Sumut
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024 di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (23/2/2024). Foto: Antara/Melalusa Susthira K

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi menyatakan mengumumkan mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024.

Dukungan kepada Anies Baswedan itu merupakan keputusan Musyawarah Majelis Syura (MMS) VIII PKS dan langsung disampaikan Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (23/2).

"Proses Musyawarah Majelis Syuro yang ke-8 pada hari ini Alhamdulillah pembahasan itu mengerucut bahwasannya sosok yang dimaksud pada Musyawarah Majelis Syuro yang ke-7 itu jatuh pada Anies Rasyid Baswedan," kata Syaikhu.

Dia menyampaikan alasan PKS mendukung Anies Baswedan lantaran mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) kabinet kerja pipinan Joko Widodo itu memiliki karakter nasionalis religius sebagaimana kriteria yang ditentukan pada Musyawarah Majelis Syuro VII lalu.

"Anies Rasyid Baswedan adalah sosok pemimpin yang memiliki karakter nasionalis religius, kita menyaksikan bahkan beliau punya darah birunya karenanya kakek beliau adalah seorang pahlawan nasional," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, Anies juga dinilai sebagai sosok pemimpin yang membawa simbol perubahan.

Selanjutnya, Anies Baswedan dinilai sebagai figur pemimpin yang memiliki peluang menang besar pula dalam kontestasi pemilu.

"Anies Rasyid Baswedan adalah sosok pemimpin yang memiliki rekam jejak yang mumpuni, dan menjadi simbol perubahan bagi kemajuan pembangunan dan itu sudah dibuktikan ketika membangun daerah istimewa, DKI Jakarta," tuturnya.

PKS memutuskan resmi mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News