BMKG Medan Pantau Hilal untuk Penetapan Ramadan di 3 Lokasi

Minggu, 10 Maret 2024 – 16:29 WIB
BMKG Medan Pantau Hilal untuk Penetapan Ramadan di 3 Lokasi - JPNN.com Sumut
Rukyatulhilal. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

sumut.jpnn.com, MEDAN - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan melakukan pemantauan hilal untuk penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah di tiga lokasi di Sumatera Utara (Sumut).

Koordinator Geofisika BBMKG Wilayah I Medan Lewi Ristiyono mengatakan tiga lokasi pemantauan hilal itu masing-masing dua lokasi di Kota Medan dan satu lokasi lainnya di Kabupaten Tapanui Tengah (Tapteng).

"Di masing-masing lokasi ada empat petugas yang kami tempatkan," kata Lewi Ristiyono, Sabtu (9/3).

Dia menjelaskan untuk di Kota Medan, lokasi pemantauan hilal dilakukan di Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Jalan Denai dan rooftop kantor Gubernur Sumatera Utara di Jalan P Diponegoro, Kota Medan.

Sedangkan di Kabupaten Tapanuli Tengah dilakukan di Pantai Binasi di Sorkam Barat sekitar 60 kilometer dari Kota Pandan, ibu kota Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Pengamatan hilal dilakukan pada Minggu (hari ini) sekitar pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.30 WIB," ujar Lewi Ristiyono.

Dia mengatakan pengamatan hilal di siang hari untuk pelacakan matahari, kemudian kalibrasi posisi matahari dan baru dibidik posisi bulan hingga matahari terbenam.

"Hampir sama pemantauan hilal di Medan maupun Tapanuli Tengah, tetapi memang kendalanya pada cuaca," ujar Lewi.

BBMKG Wilayah I Medan melakukan pemantauan hilal di tiga lokasi di Sumut untuk penentuan awal bulan suci Ramadan 1445 Hijriah
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News