Basarnas Medan Kerahkan Personel Lakukan Pencarian Bocah Hanyut di Sungai Belawan

Minggu, 04 Desember 2022 – 21:00 WIB
Basarnas Medan Kerahkan Personel Lakukan Pencarian Bocah Hanyut di Sungai Belawan - JPNN.com Sumut
Tim Basarnas Medan saat melakukan pencarian menggunakan perahu LCR. Foto: Dokumentasi Basarnas Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Basarnas Medan mengerahkan satu tim pertolongan untuk melakukan pencarian terhadap seorang bocah yang dilaporkan hanyut di Sungai Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (4/12).

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan tim yang dikerahkan ke lokasi, tepatnya di belakang PDAM Tirtanadi Sunggal, setelah mendapat laporan seorang bocah dinyatakan hanyut.

Tim melakukan upaya pencarian dengan metode bermanuver secara Zig-zag di sekitar lokasi kejadian menggunakan perahu LCR.

"Selain itu, Basarnas Medan juga menggunakan Scan Sonar yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan korban dibawah air," kata Budiono melalui keterangan tertulis yang diterima.

Selain scan sonar dan perahu LCR, tim yang dikerahkan bersama masyarakat dan potensi SAR lainnya juga melakukan pemasangan jaring di sungai sekitar lokasi korban hanyut.

Budiono mengatakan pencarian terhadap korban dilakukan hingga pukul 18.40 WIB. Namun, hingga operasi diputuskan dilanjutkan esok pagi, korban belum juga diketemukan.

"Laporan korban hanyut ini diterima petugas siaga Basarnas Medan dari warga. Korban dilaporkan hanyut di Sungai Belawan tepatnya di belakang kantor PDAM Tirtanadi Sunggal," jelasnya.

Berdasarkan laporan yang diterima, lanjut Budiono, kejadian bermula saat korban bernama Rafa Arrahman (11) warga Jalan Setia Kawan, Desa Sunggal Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, bersama tiga temannya sedang berenang di sekitar bendungan.

Tim Basarnas Medan melakukan pencarian terhadap seorang bocah yang dilaporkan hanyut di Sungai Belawan, Kecamatan Sunggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News