5 Cara Menenangkan Pikiran saat Diserang Rasa Cemas

Selasa, 07 Juni 2022 – 13:00 WIB
5 Cara Menenangkan Pikiran saat Diserang Rasa Cemas - JPNN.com Sumut
Ilustrasi cemas. Foto : Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Rasa cemas terjadi saat Anda sedang berada dalam situasi tertentu merupakan kondisi yang normal. Namun, bila cemas datang tanpa sebab dan sulit diredam bisa menjadi tanda Anda mengalami gangguan kecemasan.

Gangguan kecemasan terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari gangguan kecemasan menyeluruh, fobia, hingga serangan panik.

Meski memiliki ciri yang berbeda, umumnya kondisi tersebut bisa ditangani dengan obat dan psikoterapi.

Berikut 5 cara menenangkan pikiran saat rasa cemas menyerang dilansir dari Halodoc:

1. Selalu berpikir positif

Rasa cemas berlebihan muncul saat Anda memikirkan berbagai hal yang bisa jadi belum benar dan belum tentu terjadi.

Oleh sebab itu, cara menenangkan diri yang tepat adalah mulai menanamkan pikiran positif, sehingga kamu dapat berpikir lebih baik dan menemukan solusi yang tepat.

2. Tarik napas panjang dan dalam

Menarik napas panjang dan dalam bisa membantu tubuh lebih rileks dan mengurangi aktivitas saraf otak yang memicu rasa cemas.

Saat kamu merasa cemas, tarik napas panjang dan dalam selama sekitar lima detik, tahan dan hembuskan kembali dalam hitungan waktu yang sama. Ulangi selama beberapa kali hingga kamu merasa lebih tenang.

Gangguan kecemasan dibagi menjadi beberapa jenis, mulai dari kecemasan menyeluruh, fobia, hingga panik. Bila Anda merasakannya, berikut cara yang bisa dilakukan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia