Bahaya, Pria Dianjurkan Tidak Memakai Celana Ketat dan Berbahan Keras, Begini Penjelasannya

Sabtu, 11 Maret 2023 – 06:00 WIB
Bahaya, Pria Dianjurkan Tidak Memakai Celana Ketat dan Berbahan Keras, Begini Penjelasannya - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - sperma berenang menuju sel telur (Antara/Pexels)

sumut.jpnn.com - Pria dianjurkan untuk tidak mengenakan pakaian yang ketat dan berbahan keras, karena akan memengaruhi tingkat kesuburan dan kesehatan pada alat reproduksi.

Dokter spesialis andrologi dan seksologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana dr Silvia W Lestari mengatakan pemakaian celana ketat akan bedampak pada kualitas sperma pada pria.

"Karena dia letaknya di luar, ada pengaruh dari penggunaan pakaian yang ketat, pakaian dalam kah atau celana panjang dari bahan yang keras seperti jeans," ucapnya dalam diskusi tentang faktor sperma pada infertilitas pria yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat (10/3).

Silvia menjelaskan penggunaan celana ketat dapat menekan organ reproduksi pria, sehingga mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan. Ia juga menambahkan gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol juga tidak dianjurkan karena dapat mempengaruhi kualitas sperma.

Disamping itu, lanjutnya, juga ada beberapa olahraga yang tidak disarankan untuk dilakukan karena mempengaruhi kesehatan organ reproduksi pria.

"Biasanya selain sepeda juga tidak dianjurkan melakukan olahraga yang meningkatkan beban perut, seperti sit up atau angkat beban, jadi yang aman berupa jalan, lari atau berenang," ucap Silvia.

Tips Menjaga Kualitas Sperma

Silvia mengatakan untuk menjaga kualitas sperma tetap baik, pria dianjurkan mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung protein tinggi serta mengandung antioksidan.

Dokter spesialis andrologi dan seksologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana dr Silvia W Lestari mengingatkan bahaya menggunakan celana ketat
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News