Bahaya! Waspada Dampak Serius Menggunakan Gawai dan Bermain Gim Terlalu Lama

Sabtu, 11 Februari 2023 – 16:01 WIB
Bahaya! Waspada Dampak Serius Menggunakan Gawai dan Bermain Gim Terlalu Lama - JPNN.com Sumut
Ilustrasi anak main gadget. Foto: Hellosehat

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Gadget menjadi perangkat yang selalu melekat pada diri seseorang di mana pun berada. Bahkan, banyak pekerjaan saat ini berhubungan dengan alat tersebut.

Kendati punya fungsi yang penting dalam kehidupan, penggunaan gadget yang berlebihan ternyata dapat berdampak negatif bahkan fatal.

Psikoog dari Universitas Gadjah Mada(UGM) Novi Poespita Candra mengungkapkan pentingnya membatasi diri menikmati gim atau penggunaan gawai agar tidak menyebabkan kecanduan.

"Penggunaan gadget atau gim apabila tidak diikuti dengan kemampuan mengelola pikiran, kekritisan, dan kesadaran serta manajemen diri maka akan banyak pengaruh pada kejiwaan," kata Novi kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu (11/2).

Novi menjelaskan bermain gim dan gawai dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kecanduan karena mencipatakan kesenangan.

Dia membeberkan gim dan gawai bisa memunculkan hormon kebahagiaan, antara ain yaitu Dopamine yang muncul karena adanya target dan tantangan dalam bermain gim, sehingga terasa menyenangkan.

Hormon Oksitosin juga berperan dalam memunculkan perasaan merasa diterima pada level apapun saat bermain gim.

Kemudian, hormon Serotonin yang berperan penting dalam memperbaiki suasana hati agar menjadi lebih baik, sehingga seseorang menjadi merasa bahagia dan bermakna ketika bermain gim.

Psikolog mengingatkan bahaya dari penggunaan gawai dan bermain gim dalam waktu yang berlebihan, bisa berefek ke kejiwaan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia