Bacaan Niat Salat Idulfitri dan Tata Cara Pelaksanaanya

Senin, 02 Mei 2022 – 05:49 WIB
 Bacaan Niat Salat Idulfitri dan Tata Cara Pelaksanaanya  - JPNN.com Sumut
Masyarakat melaksanakan salat Idul Fitri. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com - Hari raya Idulfitri adalah puncak yang disebut juga sebagai hari kemenangan bagi umat Islam setelah menjalankan puasa Ramadan sebulan penuh.

Saat Idulfitri yang jatuh pada 1 Syawal, seluruh Muslim dianjurkan untuk mengerjakan ibadah salat Ied.

Hukum mengerjakan salat Ied adalah sunnah muakkad (sangat dianjurkan). Meskipun sunnah amalan ini memiliki keutamaan serta pahala yang melimpah.

Sejak disyariatkan tahun kedua Hijriah, Rasulullah SAW kerap mengerjakan ibadah ini dan tidak pernah ditinggalkan hingga akhir hayatnya. Kebiasaan tersebut kemudian dilanjutkan para sahabatnya.

Syarat dan rukun pelaksanaan salat Ied tidak berbeda dengan salat fardu. Namun, secara teknis berbeda. Salat Idulfitri dimulai sejak terbit fajar hingga masuk waktu Zuhur.

Berbeda dari salat sunnah Idul Adha yang memang dianjurkan untuk disegerakan karena ada kewajiban menyembelih hewan kurban. Salat Idulfitri dianjurkan diperlama untuk memberikan kesempatan bagi yang belum membayar zakat fitrah.

Tata cara salah Ied

Berikut adalah bacaan niat dan tata cara salat Idulfitri seperti dilansir dari nu.or.id.

Hukum mengerjakan salat Ied adalah sunnah muakkad (sangat dianjurkan)
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News