Liga 2 Dihentikan, PSSI: Liga 1 Tetap Berjalan Tanpa Degradasi

Jumat, 13 Januari 2023 – 07:30 WIB
Liga 2 Dihentikan, PSSI: Liga 1 Tetap Berjalan Tanpa Degradasi - JPNN.com Sumut
Rapat Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) yang dipimpin Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule di kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, Kamis (12/1). Foto: Dokumentasi PSSI

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Rapat Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan menghentikan kompetisi lanjutan Liga 2 Indonesia musim 2022/2023.

Terdapat beberapa poin yang diputuskan Komite Eksekutif dalam rapat yang digelar di kantor PSSI, GBK Arena, Kamis (12/1) itu, di antaranya selain menghentikan kompetisi lanjutan Liga 2, juga memutuskan kompetisi Liga 1 tanpa degradasi.

"Untuk Liga 1, kompetisi tersebut akan tetap berjalan dan tanpa ada degradasi. Hal ini karena penyesuaian kompetisi Liga 2 yang tidak berjalan," dalam poin hasil rapat Eksekutif (Exco) itu yang disampaikan Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi dilansir dari pssi.org.

Yunus Nusi dalam keterangan resmi PSSI menyampaikan keputusan tersebut diambil berdasarkan berbagai faktor.

Dalam poin hasil rapat Komite Eksekutif (Exco), alasan penghentian sisa kompetisi Liga 2 itu, disebut karena adanya permintaan sebagian besar klub Liga 2 yang menginginkan kompetisi tersebut tidak bisa dilanjutkan.

Hal itu terjadi karena tidak ada kesesuaian konsep pelaksanaan lanjutan kompetisi antara klub dan operator serta pelaksanaan atau kelanjutan Liga 2 sangat sulit diselesaikan sebelum Piala Dunia U-20 2023 dimulai pada 20 Mei 2023.

"Rekomendasi dari tim transformasi sepak bola Indonesia seusai tragedi Kanjuruhan terkait sarana dan prasarana yang belum memenuhi syarat," demikian salah satu alasan penghentian kompetisi lanjutan Liga 2 itu disebut dalam poin hasil rapat Eksekutif PSSI dilansir, Kamis (12/1).

Selanjutnya, alasan penghentian Liga 2 itu terkait Perpol Nomor 10 Tahun 2022 mengamanatkan proses perizinan yang baru dengan memperhatikan periode waktu pemberitahuan, pengajuan rekomendasi dan izin, hingga bantuan pengamanan.

Kompetisi lanjutan Liga 2 dan Liga 3 Indonesia resmi dihentikan PSSI, sedangkan Liga 1 berjalan tanpa ada degradasi
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News