Pembangunan Dua Venue PON 2024 Baru Mulai Dikerjakan di Kawasan Sumut Sport Center

Jumat, 31 Maret 2023 – 18:20 WIB
Pembangunan Dua Venue PON 2024 Baru Mulai Dikerjakan di Kawasan Sumut Sport Center - JPNN.com Sumut
Gubernur bersama Forkopimda melakukan peletakan batu pertama Stadion Madya Atletik dan GOR Martial Arts di kawasan Sumut Sport Center sebagai venue yang digunakan pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Foto: Antara/Juraidi

sumut.jpnn.com, DELI SERDANG - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi Ketua KONI dan sejumlah tokoh meletakkan batu pertama sebagai simbolis dimualinya pembanguanan dua venue di kawasan Sport Center, Desa Sena, Tanjungmorawa, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (31/3).

Dua veneue yang akan digunakan pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 itu adalah pembangunan Stadion Madya Atletik dan GOR Martial Arts.

Edy Rahmayadi mengatakan dimulainya pembangunan Stdion Madya Atletik dan Martial Arts adalah rangkaian persiapan Sumatera Utara sebagai tuan rumah PON ke-XXI bersama Provinsi Aceh.

"Sport center ini disiapin untuk jangka pendek adalah September 2024 ada PON ke 21. Jangka panjangnya, ada 16 juta penduduk kita punya potensi untuk olahragawan kita, kita harus fasilitasi. Tanggung jawab saya sebagai gubernur harus persiapkan sarana dan prasarana olahraga," katanya.

Mantan Pangkostrad ini mengakui semestinya pembangunan venue itu direncanakan pada Agustus 2019. Namun, karena ada kendala sehingga baru dimulai saat ini.

Kendati demikian, Edy Rahmayadi memastikan selain dua venue ini, akan ada pembangunan venue lain untuk menyukseskan PON. Di antaranya Stadion Utama pada Juli dan GOR bulu tangkis dan voli Indoor mulai Juni.

Mantan ketua umum PSSI ini meminta kepada kontraktor agar pembangunan venue tersebut rampung hingga Desember 2023. Khusus untuk GOR Martial Arts dan Stadion Madya Atletik menghabiskan anggaran mencapai Rp 300 miliar.

"Pastinya tanah ini adalah tanah halal. Dari HGU dan sekarang sudah bersertifikat. Desember ini harus selesai," katanya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meletakkan batu pertama pengerjaan dua venue untuk PON 2024 di Sport Center
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia