Mendag Zulhas Menyebut Anggaran Buka Puasa Bersama Pejabat Dialihka kepada Masyarakat

Jumat, 24 Maret 2023 – 17:17 WIB
Mendag Zulhas Menyebut Anggaran Buka Puasa Bersama Pejabat Dialihka kepada Masyarakat - JPNN.com Sumut
Mendag Zulkifli Hasan (baju biru). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan anggaran buka puasa bersama pejabat akan dialihkan menjadi bantuan sembako kepada masyarakat.

Hal itu menyikapi imbauan Presiden Joko Widodo yang meminta meniadakan buka bersama bagi pejabat.

"Saya, semua, tidak boleh buka puasa bareng. Itu maksudnya kalau ada anggaran, anggarannya itu dipakai untuk memberi bantuan kepada masyarakat yang lebih perlu," kata Zulkifil di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/3).

Dia menhatakan anggaran buka puasa bersama di kalangan pejabat pemerintahan dialihkan agar masyarakat merasakan langsung dampaknya.

"Kalau makan bareng, buka bareng, yang makan kita-kita juga. Tapi, kalau anggaran itu yang di kabupaten, di kota, di provinsi yang di kementerian, anggaran itu bisa diberikan sembako kepada masyarakat agar lebih bermanfaat," kata Zulkifli.

Hal senada juga disampaikan Menag Yaqut Cholil Qoumas yang berpendapat anggaran buka puasa pejabat lebih baik jika disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti fakir miskin dan anak yatim.

"Jadi, kalau tidak buka bersama, kan bisa digunakan untuk santunan fakir miskin, untuk yatim piatu, kan lebih bermanfaat, lebih berguna," kata Yaqut.

Sebelumnya, beredar surat tertanggal 21 Maret 2023 dengan kop Sekretariat Kabinet bernomor R-38/Seskab/DKK/03/2023 yang bersifat rahasia dan ditujukan kepada Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri dan Kepala Badan/Lembaga.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan anggaran buka puasa bersama pejabat akan dialihkan menjadi bantuan sembako kepada masyarakat
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News