Prakiraan Cuaca Sumut, BMKG: Waspada Hujan Lokal dengan Intensitas Ringan hingga Sedang

Selasa, 21 Maret 2023 – 14:19 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut, BMKG: Waspada Hujan Lokal dengan Intensitas Ringan hingga Sedang - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Seorang warga berjalan melintasi genangan air di Jalan Balaikota Medan, Sumatera Utara. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) yang berpotensi terjadi hujan lokal disertai angin kencang.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza mengatakan beberapa wilayah di Sumatera Utara diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai guntur dan angin kencang.

"Waspada perubahan cuaca signifikan secara tiba-tiba yaitu hujan lokal dengan intensitas ringan-sedang yang berpotensi diiringi guntur dan angin kencang," kata Defri Mandoza.

Dia menjelaskan secara umum dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari berpeluang hujan ringan yang terjadi di beberapa wilayah, seperti Kepulauan Nias, Langkat, Binjai, Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara dan Asahan.

Potensi hujan ringan itu juga diprediksi akan terjadi di Dairi, Pakpak Barat, Samosir, Toba, Simalungun, Mandailing Natal (Madina), Sibolga, Humbahas, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, dan Tapanuli Tengah.

Sedangkan beranjak malam hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Humbahas, Tapanuli Utara, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Langkat, Karo, Dairi, Toba, Samosir, Mandailing Natal, Simalungun, Padang Lawas, dan Padang Lawas Utara.

Defri mengatakan suhu udara diprakirakan berada pada 16 sampai 33 derajat Celsius dan kelembapan udara 60-98 persen. Sementara, lanjutnya, angin diprediksi akan berembus dari Timur Laut - Tenggara dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMG menyampaikan prakiraan cuaca di sejumlah wilayah Sumatera Utara (Sumut) yang berpotensi diguyur hujan disertai angin kencang

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia