Presiden Jokowi Soroti Belanja Iklan yang Banyak Masuk ke Platform Asing: Ini Sedih Loh Kita!

Kamis, 09 Februari 2023 – 12:42 WIB
Presiden Jokowi Soroti Belanja Iklan yang Banyak Masuk ke Platform Asing: Ini Sedih Loh Kita! - JPNN.com Sumut
Presiden RI Joko Widodo. Foto: JPNN

sumut.jpnn.com, MEDAN - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menyoroti kondisi industri media konvensional yang sedang menghadapi tantangan berat di tengah persaingan dan perkembangan platform media digital.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bahkan menyinggung terkait belanja media yang saat ini justru banyak diserap oleh media digital terutama media platform asing.

“Saya mendengar bahwa hampir 60 persen belanja iklan diambil media digital terutama platform asing. Ini sedih loh kita,” kata Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya pada puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Pancing, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Presiden mendorong agar tantangan yang dihadapi media massa konvensional di Indonesia diselesaikan melalui formulasi kebijakan.

Jokowi mengatakan saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo) sedang merancang Peraturan Presiden (Perpres) terkait kerja sama perusahaan platform digital dengan perusahaan pers untuk mendukung jurnalisme bertanggung jawab.

“Tadi malam saat makan durian, saya mengundang beberapa tokoh pers untuk berbicara mengenai ini (belanja pers). Kita tahu Menkominfo baru saja mengajukan izin prakarsa mengenai rancangan Perpres tentang kerja sama perusahaan platform digital dengan perusahaan pers untuk mendukung jurnalisme bertanggung jawab. Tetapi ada usulan lain rancangan Perpres tentang tanggung platform digital untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas. Saran saya, bertemu dan Perpres ini harus bisa selesai dalam satu bulan ini, jangan lebih dari satu bulan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada insan pers di Indonesia dalam perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Gedung Serbaguna, Pancing, Kabupaten Deli Serdang, Sumut. 

Presiden mengatakan peran pers bagi kehidupan berbangsa dan bernegara sangat besar. Bahkan, peranan pers sudah dimulai pada era perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Presiden RI Joko Widodo menyoroti hampir 60 persen belanja iklan diserap media digital terutama platform asing
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News