BMKG: Sebagian Wilayah Sumut Diprediksi Diguyur Hujan Sedang Hingga Lebat

Sabtu, 04 Februari 2023 – 14:43 WIB
BMKG: Sebagian Wilayah Sumut Diprediksi Diguyur Hujan Sedang Hingga Lebat - JPNN.com Sumut
Cuaca mendung yang berpotensi turun hujan. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Sabtu (4/2).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba mengatakan sejumlah wilayah di Sumatera Utara diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Pegunungan, Lereng timur, dan Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor," kata Medan Lestari Irene Purba.

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumut daam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan ringan. Hal tersebut diramal akan terjadi di di wilayah Kepulauan Nias, Serdang Bedagai, serta Batubara dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Sedangkan beranjak malam, potensi hujan dengan intensitas lebar diramal terjadi di Dairi, Toba, Samosir, Pakpak Bharat, Sibolga, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Pandang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Padang Lawas dan sekitarnya.

Sementara dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Asahan Batubara,Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Pandang Lawas, Padang Lawas Utara, dan Labuhanbatu Selatan dan sekitarnya.

BMKG memprediksi suhu udara rata-rata 18.0-32.0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 65-98 persen, dan angin berhembus dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan 10 -30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG memprediksi hujan akan mengguyur wilayah Sumatera Utara (Sumut) hari ini, berikut wilayahnya..

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News