BPBD Sumut Imbau Warga Waspadai Potensi Banjir Akibat Hujan di Pegunungan

Kamis, 02 Februari 2023 – 08:30 WIB
BPBD Sumut Imbau Warga Waspadai Potensi Banjir Akibat Hujan di Pegunungan  - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Petugas Basarnas mengevakuasi sejumlah warga yang terjebak banjir. Foto: Dokumentasi BPBD Labura

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai untuk mewaspadai potensi banjir akibat intensitas hujan di pegunungan.

Kepala Bidang Penanggulangan Darurat Peralatan dan Logistik BPBD Sumut Zulham Efendi Siregar mengatakan potensi hujan di pegunungan masih terjadi, sehingga dapat menyebabkan meningkatnya volume sungai.

"Tetap harus waspada. Potensi kemungkinan meluapnya air sungai dampak hujan lebat di kawasan pegunungan bisa saja terjadi. Tetap jaga kebersihan lingkungan dan jangan membuang sampah sembarangan yang dapat membuat aliran drainase terganggu," kata Zulham, Rabu (1/2).

Dia menjelaskan untuk mengantisipasi terjadinya banjir, pihaknya sudah menyiagakan petugas untuk penangan bila terjadi bencana.

Selain petugas, BPBD Sumut juga sudah menyiagakan alat yang siap digunakan sewaktu-waktu saat terjadi bencana.

"Petugas selalu siaga mengantisipasi bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah pegunungan Sumatera Utara.

Berdasarkan data BMKG, cuaca di Sumatera Utara dalam beberapa hari ke depan hujan diprediksi akan terjadi pada siang dan sore.

BPBD Sumur mengimbau masyarakat Sumut untuk mewaspadai bencana akibat intensitas hujan di pegunungan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia