Pemprov Sumut Targetkan 1,3 Juta Anak Mendapat Imunisasi Polio pada Sub PIN

Selasa, 31 Januari 2023 – 22:16 WIB
Pemprov Sumut Targetkan 1,3 Juta Anak Mendapat Imunisasi Polio pada Sub PIN - JPNN.com Sumut
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumut Nawal Lubis didampingi oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sumut. Foto: Diskominfo Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menargetkan 1,3 juta anak 0-59 bulan akan mendapatkan imunisasi polio pada Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang akan digelar bertahap di seluruh wilayah di Sumatera Utara yang akan berlangsung pada 13 hingga 19 Februari 2023.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk memutuskan mata rantai penularan virus polio di daerah ini.

"Banyak orang tua yang  pengetahuan tentang imunisasi yang rendah, ada pro kontra di  masyarakat tentang imunisasi, sehingga membuat mereka ragu untuk datang ke Posyandu memberikan imunisasi pada si kecil," kata Nawal Lubis pada Dialog Medan Pagi Ini dengan tema “Lindungi Anak dari Polio dengan Imunisasi” yang disiarkan secara langsung dari Studio Pro 1 RRI Medan, Selasa (31/1).

Nawal menjelaskan saat ini populasi polio di Sumut belum ditemukan atau 0 persen. Namun, perlu diperlukan antisipasi dengan terus meakukan edukasi kepada masyarakat, terutama mereka yang tinggal di daerah terpencil.

Apalagi polio merupakan penyakit menular yang tidak dapat disembuhkan tetapi bisa dicegah melalui imunisasi.

"PKK melalui Pokja IV yang bertugas mengelola program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat, hadir untuk mengedukasi masyarakat melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), asupan gizi bagi anak dan mengimbau bagi orang tua yang memiliki Balita untuk datang ke Posyandu dan pelayanan kesehatan untuk mendapatkan imunisasi," jelasnya.

Nawal juga mengatakan kesuksesan Sub PIN Polio ini perlu dukungan semua pihak. Untuk itu, Nawal berharap semua stakeholder untuk bersama-sama bergandengan tangan agar Sumut bebas polio.

Nawal mengimbau kepada masyarakat yang memiliki anak Balita untuk melakukan imunisasi, ini penting guna menjaga tumbuh kembang anak.

Pemprov Sumut menargetkan imunisasi polio di Sumatera Utara untuk anak pada Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) mencapai 1,3 juta
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia