Menhan Prabowo Subianto Wacanakan Buka Kampus Unhan di Sumatera, Tantang Kepala Daerah Sediakan Lahan

Minggu, 29 Januari 2023 – 19:14 WIB
Menhan Prabowo Subianto Wacanakan Buka Kampus Unhan di Sumatera, Tantang Kepala Daerah Sediakan Lahan - JPNN.com Sumut
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto saat kunjungan kerja di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Foto: Muhlis/JPNN.com

sumut.jpnn.com, BELAWAN - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyebutkan akan membuka Universitas Pertahanan (Unhan) di luar Pulau Jawa. Hal itu dimaksudkan agar generasi muda di daerah berkesempatan mendapat pendidikan tinggi yang berkualitas.

Prabowo menyampaikan hal tersebut saat membuka Program Pemuda Bela Negara di Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (28/1).

Pemuda Bela Negara (PBN) adalah program Pemerintah Kota (Pemkot) Medan bersama Kodim 0201 Medan untuk anak muda di wilayah Medan Utara dalam rangka meminimalisir aksi tawuran dan pengaruh narkoba.

"Kami akan buka kampus-kampus selain di Jawa. Kita ingin membuka kampus (Unhan, red) di luar Jawa," kata Prabowo Subianto.

Dia mengatakan selain di Bogor, Jawa Barat, Kampus Universitas Pertahanan akan dibuka beberapa daerah, seperti di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan provinsi lainnya.

Universitas Pertahanan didirikan berdasarkan Perpres Nomor 5 Tahun 2011 dan ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor  29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan.

Sedangkan program studi Unhan merujuk Keputusan Mendiknas Nomor: 196/E/O/2011 tanggal 7 September 2011 tentang Penyelenggaraan Program-Program Studi pada Universitas Pertahanan Republik Indonesia di Jakarta.

Dia juga menantang para kepala daerah di Sumatera Utara (Sumut) untuk menyediakan lahan untuk pembangunan kampus atau sekolah unggulan di daerah itu.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto berencana akan membuka kampus Universitas Pertahanan (Unhan) di luar Pulau Jawa termasuk Sumatera
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News