YAFSI Gelar Agro Expo Hasil Pertanian Kelompok Binaan di Kabupaten Karo

Sabtu, 28 Januari 2023 – 16:59 WIB
YAFSI Gelar Agro Expo Hasil Pertanian Kelompok Binaan di Kabupaten Karo - JPNN.com Sumut
Gelaran Agro Expo hasil pertanian kelompok tani binaan YAFSI di Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo. Foto: Dokumentasi YAFSI

sumut.jpnn.com, KARO - Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) terus mendukung pemberdayaan kelompok tani dalam meningkatkan produktifitas hasil pertanian dan pemanfaatan lahan. Salah satunya melalui kegiatan Agro Expo.

Kegiatan tersebut digelar di Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, dengan menampilkan produk pertanian dan perkebunan berupa sayur-mayur buah-buahan dan makanan olahan.

Ketua YAFSI Badriyah dalam keterangan tertulis yang diterima mengatakan kegiatan Agro Expo sebagai bagian dari sosialisasi, promosi, edukasi dan pameran terhadap produk Kelompok Permata Desa Semangat.

"Agro Expo merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang telah di lakukan YAFSI sejak Oktober 2022. Program ini diberi nama Pemberdayaan Perempuan dan Pemuda Melalui Kelompok Tani Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani yang disingkat dengan PERMATA," kata Badriyah.

Dia menjelaskan program pemberdayaan ini didukung melalui dana pengabdian atau CSR PT Corteva Agriscience Manufacturing Indonesia 2022.

Badriyah mengatakan sektor pertanian memiliki kontribusi penting terhadap peningkatan ekonomi serta kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia.

Akan tetapi pada kenyataannya, kesejahteraan masih belum merata. Permasalahan ekonomi yang dihadapi masyarakat semakin komplek, tidak terkecuali di kalangan perempuan dan ibu rumah tangga.

"Program pertanian ini dilaksanakan dengan pemanfaatan lahan produktif dan non produktif sebagai sumber pendapatan dan membangun model kelembagaan yang dapat membantu petani mengatasi masalah keuangan mereka. Tentunya saya mengucapkan terimakasih kepada Corteva untuk program CSR ini, juga kepada para stakeholder yang mendukung kelompok petani Permata," ungkapnya.

YAFSI mengggelar Agro Expo hasil pertanian dan perkebunan kelompok tani binaan di Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News