Pertama di Indonesia, Bobby Nasution Luncurkan Kartu Kredit Khusus APBD, Ini Kegunaannya

Kamis, 08 Desember 2022 – 10:43 WIB
Pertama di Indonesia, Bobby Nasution Luncurkan Kartu Kredit Khusus APBD, Ini Kegunaannya - JPNN.com Sumut
Kartu kredit. Foto: dok jpnn

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution meluncurkan program Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) sebagai upaya mendorong penyerapan anggaran di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Medan.

KKPD merupakan program kolaborasi Pemkot Medan, PT Bank Sumut dan PT BNI, yang digunakan untuk membayar belanja yang dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Alhamdulillah Pemkot Medan sudah memiliki KKPD dan pertama secara nasional. Semoga setelah ada KKPD ini penyerapan anggaran bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Karena, setelah ini akan dipantau serapan anggaran di semua OPD lingkungan Pemkot Medan," kata Bobby Nasution saat peluncuran program tersebut tidak lama ini.

Oleh sebab itu, Bobby berharap seluruh OPD mengoptimalkan penyerapan anggaran melalui KKPD sehingga mempercepat serapan anggaran yang berdampak bagi perekonomian.

"Yang diinginkan adalah akselerasi penyerapan anggaran," jelasnya.

Dorong UMKM Manfaatkan KKPD

Bobby Nasution meminta OPD di lingkungan Pemkot Medan mengedukasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan digitalisasi baik pemasaran maupun pembayaran.

Sehingga, lanjutnya, UMKM mendapat manfaat dari program KKPD sebagai upaya mempercepat serapan anggaran.

"Edukasi para pelaku UMKM kita bahwa penggunaan KKPD ini memberikan manfaat, dan kemudahan bagi mereka mengatur keuangan atau pembukuan jadi lebih rapi," kata Bobby.

Wali Kota Medan Bobby Nasution meluncurkan program Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) untuk mendorong serapan APBD dan menjadi yang pertama di Indonesia
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia