Hati-Hati Membeli Ponsel dengan Harga Miring, Jangan-jangan Ber-IMEI Ilegal

Rabu, 30 November 2022 – 07:00 WIB
Hati-Hati Membeli Ponsel dengan Harga Miring, Jangan-jangan Ber-IMEI Ilegal - JPNN.com Sumut
Pedagang mengecek nomor indentitas asli ponsel (IMEI) di salah satu gerai di Metro Atom, Jakarta, Kamis (20/8/2020). Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

sumut.jpnn.com - Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) mengingatkan masyarakat agar berhati-hati dalam membeli ponsel yang dijual dengan harga jauh di bawah harga di gerai resmi.

Wakil Ketua ATSI Merza Fachys dalam diskusi di Jakarta mengatakan ponsel yang dijual dengan harga murah bisa menjadi indikasi memiliki nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang ilegal.

"Perlu kesadaran untuk tidak membeli barang-barang yang secara nyata tidak resmi," kata Merza Fachys, Selasa (29/11).

Dia menjelaskan Indonesia sudah menerapkan aturan registrasi IMEI sejak 2020, yaitu nomor IMEI ponsel yang dijual secara resmi di Indonesia harus terdaftar pada sistem Centralized Equipment Identity Register (CEIR).

Ponsel dengan IMEI yang tidak terdaftar pada sistem CEIR tidak akan bisa tersambung ke sinyal seluler. Aturan registrasi IMEI dibuat untuk mengatasi peredaran ponsel ilegal, yang bisa merugikan negara, produsen, dan konsumen.

Meski aturan sudah dibuat seketat mungkin, selalu ada pihak yang mencari celah, mulai dari menyediakan jasa membuka (unlock) nomor IMEI sampai menjual ponsel dengan nomor IMEI yang tidak resmi untuk dijual di Indonesia.

Ponsel dengan nomor IMEI ilegal itu sering dijual dengan harga yang jauh lebih murah dengan yang resmi, terutama untuk ponsel premium.

ATSI mengajak masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan ponsel ilegal yang harganya murah.

ATSI mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati membeli ponsel yang dijual murah dari harga yang dijual di gerai resmi, dampaknya bahaya
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia