Pengusaha Perjalanan Wisata Berharap Pemerintah Kembali Buka Rute Penerbangan ke Sumut

Selasa, 05 Juli 2022 – 21:00 WIB
Pengusaha Perjalanan Wisata Berharap Pemerintah Kembali Buka Rute Penerbangan ke Sumut - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Suasana di terminal domestik Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut. (ANTARA/HO-PT Angkasa Pura Aviasi)

sumut.jpnn.com, MEDAN - Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) berharap pemerintah kembali membuka rute penerbangan dari dan menuju Sumatera Utara (Sumut) agar sektor pariwisata kembali bergairah.

Ketua Asita Sumut Solahuddin Nasution mengatakan sektor penerbangan adalah salah satu indikator pemulihan pariwisata. Dengan kembali dibukanya rute penerbangan antar wilayah dan negara akan meningkatkan kunjungan wisata di Sumut.

"Jadi, kalau frekuensi penerbangan normal lagi, maka pariwisata akan pulih," ujarnya di Medan, Selasa.

Solahuddin mengatakan hingga Juli, rute penerbangan menuju Sumatera Utara masih belum normal.

Dia menyontohkan seperti penerbangan Garuda Indonesia rute Medan - Jakarta yang baru melayani dua kali penerbangan sehari dari 16 kali sehari sebelum pandemi Covid-19.

Sementara, untuk penerbangan Internasional yang mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, juga masih ada yang belum dibuka. Termasuk penerbangan dari Sumut ke Malaysia yang belum normal.

"Makanya Asita mengapresiasi Batik Air yang mengoperasikan penerbangan Bandara Kualanamu, Sumut-Changi, Singapura mulai 1 Juli 2022," ujarnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Nurul Hasanudin mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara Sumut melonjak tajam mulai Mei.

Asita Sumut mendorong pemerintah untuk kembali membuka rute penerbangan dari dan ke Sumut guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News