Kunjungan Wisman di Sumut Kembali Bergairah, Tetapi Agen Perjalanan Wisata Masih Lesu

Minggu, 03 Juli 2022 – 21:15 WIB
Kunjungan Wisman di Sumut Kembali Bergairah, Tetapi Agen Perjalanan Wisata Masih Lesu - JPNN.com Sumut
Kawasan Danau Toba. Foto: Istimewa

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi peningkatan jumlah wisawatan mancanegara masuk ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kepala BPS Sumut Nurul Hasanudin mengatakan tercatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) dari empat pintu masuk di daerah itu mencapai 3.861 kunjungan.

"Kunjungan wisman ini naik tajam dibanding April 2022 yang masih sebanyak 494 orang," ujar Nurul Hasanudin di Medan, Sabtu.

Dia menjelaskan berdasarkan data BPS jumlah wisman meningkat tajam dari bulan sebelumnya bahkan termasuk dibandingkan Mei 2021 yang hanya 50 orang.

Hasanudin meyakini jumlah kunjungan wisman ke Sumut akan terus meningkat seiring dengan membaiknya ekonomi global dan meredanya pandemi Covid-19.

Kendati telah menunjukkan peningkatan signifikan pada Mei 2022, lonjakan wisawatan mancanegara ke Sumut ternyata belum menjadi berkah bagi pelaku perjalanan wisata.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut Solahuddin Nasution mengatakan meski ada tren kenaikan, namun belum ada berdampak positif kepada mereka pelaku biro perjalanan wisata.

"Para wisman sebagian besar tidak menggunakan jasa perusahaan perjalanan wisata," katanya.

Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Sumatera Utara (Sumut) melonjak tajam sejak pandemi Covid-19 dan perekonomian global mulai membaik
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News