Penyamaran TNI Gadungan Ini Akhirnya Terbongkar, Begini Ceritanya

Sabtu, 28 Mei 2022 – 21:35 WIB
Penyamaran TNI Gadungan Ini Akhirnya Terbongkar, Begini Ceritanya - JPNN.com Sumut
Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa saat diwawancarai di Mapolrestabes Medan. Foto: Finta Rahyuni/JPNN Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Seorang TNI gadungan bernama Kriston Sinaga dibekuk oleh petugas dari Koramil 0201-13/PST.

Pelaku diduga mengaku-ngaku menjadi tentara untuk memikat hati seorang wanita berinisial M, yang kini telah menjadi pacarnya.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa menyebut antara Kriston dan M sudah berkenalan sejak September 2021 lalu lewat media sosial. Saat itu, Kriston mengaku merupakan seorang TNI yang sedang berdinas di Kalimantan.

Komunikasi keduanya berlangsung intens hingga akhirnya memutuskan untuk berpacaran pada Januari 2022 lalu.

"Dia (tentara gadungan) ini domisilinya di Kalimantan. Selama jarak jauh mereka sering berkomunikasi, kirim foto dan lainnya," kata Fathir, Sabtu (28/5).

Lalu, kata Fathir, pelaku memutuskan untuk bertemu dengan M di rumah korban di Desa Cinta Damai, Kecamatan Percut Sei Tuan itu. Bahkan, pelaku sempat tinggal selama lima hari di rumah kakak korban.

Kakak korban sempat menanyakan soal kepangkatan di TNI dan masa dinas kepada pelaku, tetapi pelaku tidak mengerti. Sontak, kakak korban mulai curiga dengan status pelaku yang mengaku anggota TNI.

"Misalnya saat ditanya soal kepangkatan tidak mengerti, ditanya masa dinas juga tidak mengerti. Sehingga pihak keluarga curiga," ujar perwira menengah Polri itu.

Seorang TNI gadungan bernama Kriston Sinaga dibekuk oleh petugas dari Koramil 0201-13/PST.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News