Konflik PT BUK VS Warga Suka Maju Memanas, Belasan Motor Dibakar, 17 Orang Jadi Tersangka

Senin, 23 Mei 2022 – 22:45 WIB
Konflik PT BUK VS Warga Suka Maju Memanas, Belasan Motor Dibakar, 17 Orang Jadi Tersangka - JPNN.com Sumut
Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicholas Sidabutar saat paparan kasus bentrok PT BUK dan warga Desa Suka Maju, di Mapolda Sumut, Senin (23/5). Foto: Finta Rahyuni/JPNN Sumut

sumut.jpnn.com, KARO - Polisi menetapkan 17 tersangka dalam kasus bentrok yang terjadi antara PT Bibit Unggul Karobiotek (BUK) dengan warga Desa Suka Maju, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Sumut.

Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicholas Sidabutar menyebut peristiwa bentrok itu terjadi pada Selasa (17/5) sekitar pukul 12.00 WIB. Bentrok ini dipicu atas tanah yang saling klaim antara kedua belah pihak.

"Kejadian ini terjadi pada Selasa, 17 Mei sekitar pukul 12.00 yang terjadi di puncak 2000 Siosar, Kecamatan Tiga Panah, di lokasi daerah Suka Maju," kata AKBP Ronny saat paparan di Mapolda Sumut, Senin (23/5).

Ronny menyebut dari 17 tersangka yang ditetapkan, 16 diantaranya merupakan karyawan pengamanan PT BUK, sedangkan satu tersangka lainnya merupakan warga Desa Suka Maju.

Perwira menengah Polri itu mengungkapkan perselisihan antara warga dengan PT BUK memang kerap terjadi. Namun, situasi memanas saat PT BUK melakukan aktivitas menggunakan alat berat di lokasi yang telah dipasang garis polisi itu.

Akibatnya, warga Desa Suka Maju marah hingga terlihat perkelahian dengan pihak PT BUK. Bahkan, dalam kejadian ini polisi turut mengamankan sejumlah senjata tajam yang digunakan para pelaku.

"Jadi, hal ini sudah berlangsung beberapa saat, tetapi memang puncaknya pada saat 17 Mei," sebut Ronny.

Ronny mengatakan ada empat orang yang menjadi korban dalam bentrok ini. Tiga diantaranya merupakan warga, sedangkan satu korban lainnya adalah dari pihak perusahaan.

Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicholas Sidabutar menyebut peristiwa bentrok itu terjadi pada Selasa (17/5) sekitar pukul 12.00 WIB.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News