Menag Yaqut Tanggapi Informasi Soal Dana Haji Digunakan untuk IKN Nusantara, Begini Penjelasannya

Selasa, 17 Mei 2022 – 15:20 WIB
Menag Yaqut Tanggapi Informasi Soal Dana Haji Digunakan untuk IKN Nusantara, Begini Penjelasannya - JPNN.com Sumut
Menag Yaqut Cholil Qoumas atau gus Yaqut. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas membantah informasi yang menyebutkan dana perjalanan ibadah haji dialihkan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menag Yaqut mengatakan justru pemerintah melalui Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyubsidi biaya perjalanan haji agar lebih ringan.

"Tidak benar, hoaks kalau ada yang mengatakan bahwa dana haji digunakan pemerintah untuk keperluan ini dan itu, termasuk keperluan untuk membangun IKN. Itu sama sekali tidak benar," kata Yaqut dalam konferensi persnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Dia memastikan biaya perjalanan haji yang dibayarkan jemaah tidak akan lebih besar daripada besaran biaya yang dihabiskan selama pelaksanaan ibadah haji.

Kepala BPKH Anggito Abimanyu menyebut total biaya haji yang dibutuhkan sebesar Rp81,7 juta per jemaah. Namun jemaah haji Indonesia cukup membayar Rp39,9 juta seperti kebijakan pemerintah yang telah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Jadi, biaya haji yang dibutuhkan itu sebesar Rp81,7 juta per jamaah atau totalnya Rp7,5 triliun, dan itu sudah kami persiapkan. Jemaah haji membayar sekitar Rp39,9 juta per jemaah, sudah sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh kebijakan pemerintah," ujarnya.

Seluruh pembiayaan haji, lanjut Anggito, sudah tersedia dalam bentuk riyal Arab Saudi, maupun rupiah Indonesia. Pemerintah juga sudah siap mentransfer dana haji kepada Arab Saudi untuk pelayanan hotel, katering, transportasi dan lainnya.

"Seluruh pembiayaan sudah siap dalam bentuk Saudi riyal, dalam bentuk rupiah maupun dalam bentuk living cost, dan dalam bentuk bank notes. Jumlah yang kami sediakan sudah sesuai dengan apa yang telah menjadi kebijakan pemerintah dan disetujui oleh DPR," kata Anggito.(antara/jpnn)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas angkat bicara terkait informasi yang menyebut dana haji digunakan pemerintah untuk membangun IKN Nusantara

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News