Lihat, Pemuda Ini Tidak Tamat Kuliah, Tetapi Karyanya Bikin Berdecak Kagum

Selasa, 17 Mei 2022 – 05:00 WIB
Lihat, Pemuda Ini Tidak Tamat Kuliah, Tetapi Karyanya Bikin Berdecak Kagum - JPNN.com Sumut
Minibus listrik dengan panel surya di Nigeria. REUTERS/Afolabi Sotunde (REUTERS/AFOLABI SOTUNDE)

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Seorang pemuda bernama Mustapha Gjibo punya karya yang membuat semua orang berdecak kagum.

Meski tidak menuntaskan pendidikan sarjananya, pria asal Nigeria ini mampu mengubah minibus berbahan bakar bensin menjadi mobil listrik bertenaga surya.

Lebih menariknya, modifikasi untuk mendorong penggunaan energi terbarukan di wilayahnya itu dilakukan di bengkelnya sendiri.

Reuters melaporkan pada Senin, Afrika merupakan pengekspor minyak mentah dan beberapa negara di sana memberikan subsidi besar kepada masyarakat untuk menggunakan bensin.

Tidak meratanya fasilitas listrik juga menjadi penghalang bagi produsen otomotif untuk berinvestasi mobil listrik di sana.

Namun Mustapha Gajibo memiliki pemikiran berbeda. Pemuda asal Maiduguri, Nigeria berusia 30 tahun itu menilai bahwa mobil listrik bisa berkembang di negaranya.

Di bengkelnya itu, dia telah membongkar 10 mesin bensin dari minibus milik warga setempat kemudian menggantinya dengan baterai yang mengambil pasokan daya dari sel surya.

Minibus tersebut diklaim sudah beroperasi selama satu bulan, dengan daya jelajah mencapai 100 kilometer untuk sekali pengisian daya.

Aksi seorang pemuda di Nigeria ini patut diacungi jempol. Meski negaranya mengalami kesulitan pasokan listrik, dia berhasil memodifikasi mobil bertenaga listrik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News