Pakistan Blokir Wikipedia Setelah Diduga Memuat Konten Hujatan

Senin, 06 Februari 2023 – 09:30 WIB
Pakistan Blokir Wikipedia Setelah Diduga Memuat Konten Hujatan - JPNN.com Sumut
Logo Wikipedia. Foto: screenshot Wikipedia

sumut.jpnn.com - Pakistan membokir Wikipedia setelah diduga memuat konten yang dianggap tidak sopan mengarah ke bentuk hujatan. Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA) membokir Wikipedia setelah sebelumnya menurunkan akses ke situs tersebut dalam 48 jam.

Juru bicara PTA mengatakan kepada Bloomberg bahwa agensi tersebut telah memblokir ensiklopedia daring itu karena tak kunjung menghapus konten hujatan itu dalam beberapa hari terakhir.

PTA sempat mengungkapkan pada awal Februari lalu bahwa mereka meminta situs web tersebut atas perintah pengadilan untuk menghapus materi yang "menghujat" dari situs webnya.

Pemblokiran itu dilakukan otoritas Pakistan setelah Wikipedia tidak mematuhi dan hadir di hadapan pihak berwenang, PTA menurunkan akses ke situs web tersebut selama beberapa hari. Pakistan juga sudah memperingatkan akan memblokir bila tidak mengindahkan peringatan tersebut.

Meski begitu PTA tidak menyebutkan konten Wikipedia yang dimaksud secara publik dengan alasan tidak ingin dibaca masyarakat Pakistan.

Seperti yang dicatat TechCrunch, belakangan ini Pakistan memang telah mencoba untuk mengontrol konten di berbagai platform digital.

Pada tahun 2020, PTA sempat melarang TikTok karena materi "tidak bermoral dan tidak senonoh" sebelum aplikasi berbagi video itu berjanji untuk memoderasi konten sesuai dengan norma dan hukum masyarakat Pakistan.

Perlu dicatat bahwa negara mayoritas Muslim ini memiliki undang-undang penistaan agama yang ketat, dan hukuman bagi yang melanggarnya termasuk penjara seumur hidup bahkan hukuman mati.

Pakistan akhirnya memblokir situs Wikipedia setelah diduga memuat konten hujatan, kok bisa?
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia