Uni Eropa Tambah Dukungan Militer ke Ukraina untuk Menumbangkan Rusia

Sabtu, 14 Mei 2022 – 08:40 WIB
Uni Eropa Tambah Dukungan Militer ke Ukraina untuk Menumbangkan Rusia - JPNN.com Sumut
Konflik Rusia Vs Ukraina. Uni Eropa jatuhkan sanksi. Ilustrasi: Sultan Amanda/JPNN.com

sumut.jpnn.com - Uni Eropa terus berupaya menghentikan invasi Rusia ke Ukraina dengan sejumlah kebijakan baik secara militer maupun politik.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell pada Jumat menyebutkan bahwa EU akan memberikan tambahan bantuan militer senilai 500 juta euro (sekitar Rp 7,61 triliun) untuk Ukraina.

Ketika berbicara kepada para wartawan di sela pertemuan menteri luar negeri negara-negara G7 di Jerman utara, Borrell mengatakan dukungan militer itu akan diberikan dalam bentuk persenjataan berat, seperti tank dan artileri.

Dengan bantuan tambahan tersebut, total dana dukungan yang dikeluarkan kelompok negara-negara Eropa itu menjadi dua miliar euro (sekitar Rp 30,43 triliun).

"Dorongan baru bagi bantuan militer. (Akan memberikan) tekanan lebih kuat terhadap Rusia dengan sanksi ekonomi dan melanjutkan pengucilan internasional terhadap Rusia serta menandingi misinformasi," ujarnya.

Selain itu, Borrell juga mengatakan dirinya yakin bahwa kesepakatan bisa dicapai dalam beberapa hari mendatang untuk menyetujui embargo atas minyak Rusia.

Dia merasa optimistik bahwa embargo yang dikenakan EU atas minyak Rusia juga akan disetujui dalam hari-hari mendatang.

"Saya yakin bahwa kita akan mencapai kesepakatan. Kita memerlukan dan akan memilikinya. Kita harus menghilangkan ketergantungan minyak dari Rusia," katanya.

Uni Eropa menambah dukungan militer untuk Ukraina dalam menghentikan invasi Rusia, termasuk membahas soal embargo minyak Rusia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News