Keberadaan Pilot Susi Air yang Disandera KKB Belum Diketahui, TNI dan Polri Masih Lakukan Pencarian

Rabu, 08 Februari 2023 – 18:02 WIB
Keberadaan Pilot Susi Air yang Disandera KKB Belum Diketahui, TNI dan Polri Masih Lakukan Pencarian - JPNN.com Sumut
Pesawat Susi Air diduga didatangi sekelompok KKB. Ilustrasi Foto: Antara

sumut.jpnn.com, NDUGA - Pencarian terhadap pilot Susi Air Philip Merthens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Nduga, Papua, terus dilakukan TNI dan Polri. Hingga saat ini keberadaan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu belum diketahui.

Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Brigadir Jenderal TNI Juinta Omboh Sembiring mengatakan saat ini tim masih melakukan pencarian untuk menemukan keberadaan pilot Susi Air itu.

"Memang benar, keberadaan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu hingga kini belum diketahui lokasinya. Anggota TNI dan Polri masih melakukan pencarian terhadap yang bersangkutan dan berharap dalam kondisi selamat," kata Brigjen Sembiring, Rabu (8/2).

Seperti diketahui pada Selasa (7/2) kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya membakar pesawat jenis Pilatus Porter milik Susi Air yang dikemudikan Philip Merthens asal Selandia Baru. Pesawat tersebut membawa lima penumpang, termasuk seorang bayi.

KKB membakar pesawat saat pesawat berada di Lapangan Terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa pagi. Pesawat milik Susi Air itu terbang dari Timika pukul 05.33 WIT dan dijadwalkan tiba di Bandara Moses Kilangin Timika pukul 07.40 WIT.

Sementara itu, Komandan Satgas Damai Cartenz Komisaris Besar Polisi Faizal Rahmadani mengatakan personel TNI dan Polri sudah berhasil mengevakuasi sebanyak 15 orang pekerja bangunan yang sedang membangun puskesmas di Paro ke Timika.

Para pekerja ini melarikan diri setelah mendapat ancaman dari KKB. Mereka diselamatkan warga di atas gunung hingga kemudian dievakuasi tim gabungan TNI dan Polri menggunakan tiga helikopter ke Kenyam.

"Setelah semuanya tiba di Kenyam dan kemudian dievakuasi, kini 15 pekerja itu sudah berada di Timika," jelas Kombes Faizal yang juga menjabat Direktur Reskrimum Polda Papua.

Pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru yang dibakar KKB di Nduga belum diketahui, TNI dan Polri lakukan pencarian
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News