Sengketa Tanah PT BUK VS Warga Suka Maju Berujung Bentrok, AKBP Ronny Bilang Begini

Selasa, 24 Mei 2022 – 12:15 WIB
Sengketa Tanah PT BUK VS Warga Suka Maju Berujung Bentrok, AKBP Ronny Bilang Begini - JPNN.com Sumut
Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicholas Sidabutar didampingi Bupati Karo Corry Sebayang saat paparan di Mapolda Sumut, Senin (23/5) malam. Foto: Finta Rahyuni/JPNN Sumut

sumut.jpnn.com, KARO - Polisi menjelaskan soal status tanah sengketa penyebab bentrokan antara PT Bibit Unggul Karobiotek (BUK) dengan warga Desa Suka Maju, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Sumut.

Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicholas Sidabutar menyebut di lokasi tanah yang menjadi penyebab konflik antar pihak tersebut ada dua tanah yang dipermasalahkan, yakni tanah HGU seluas 89,5 hektare dan tanah di luar HGU.

Menurut PT BUK tanah tersebut merupakan miliknya. Sementara masyarakat menyebut tanah itu merupakan tanah masyarakat adat. 

"Jadi, ini ada dua permasalahan tapi dalam satu hamparan satu HGU, yang satu di luar HGU," kata Ronny saat paparan di Mapolda Sumut, Senin (23/5) malam. 

Untuk memastikan status tanah tersebut, perwira menengah Polri itu mengatakan pihaknya bersama dengan Forkopimda Karo akan mengundang sejumlah pihak terkait, termasuk Badan Pertanahan Nasional (BPN). 

"Apakah ini memang masuk kawasan hutan atau tidak, milik perusahaan atau tidak. Ini menjadi bagian dari langkah-langkah yang akan kami tempuh ke depannya, supaya masalah ini juga tidak berlarut-larut," jelasnya. 

Terkait hal ini, Bupati Karo Corry Sebayang meminta PT BUK maupun masyarakat untuk bersabar dan tidak melakukan perbuatan yang sampai menimbulkan kegaduhan atas sengketa tanah tersebut. 

"Untuk itu, besar harapan kami agar masyarakat lebih bersabar, dan PT BUK juga lebih menjaga tim-tim nya jangan membuat suatu keributan di Tanah Karo," ujar Corry. 

Polisi menjelaskan soal status tanah sengketa yang membuat konfilik antara PT Bibit Unggul Karobiotek (BUK) dengan warga Desa Suka Maju, Kecamatan Tiga Panah, K
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia